Medan – Warga Lingkungan XX, Kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan, menyatakan kepuasannya terhadap pelayanan yang diberikan oleh Kepala Lingkungan (Kepling) XX, Rico Syahputra. Sejak dilantik, Rico dinilai berhasil memenuhi kebutuhan administrasi masyarakat, khususnya terkait dengan layanan di Kantor Lurah Binjai.
Ibu Adek (53), seorang pedagang warung kopi di Jalan Pertiwi, mengatakan bahwa pelayanan yang diberikan Kepling Rico jauh lebih mudah dan responsif dibandingkan sebelumnya.
“Kepling XX, meskipun baru menjabat, sangat membantu kami. Semua urusan administrasi, baik itu surat-menyurat maupun keperluan lainnya, kini lebih mudah. Cukup telepon, beliau langsung datang,” ujar Ibu Adek saat ditemui awak media, Senin (30/12/2024).
Menurut Ibu Adek, Rico juga aktif berinteraksi dengan warga, sehingga masyarakat lebih memahami proses administrasi yang ada.
“Kepling seperti ini seharusnya dipertahankan oleh Pemko Medan. Jangan sampai warga kesulitan mencari Kepling. Rico setiap hari terlibat langsung dengan masyarakat,” tambahnya.
Hal senada disampaikan Hidayat, salah seorang warga setempat. Ia menilai bahwa Kepling Rico sangat proaktif dalam mempermudah pengurusan administrasi.
“Saya mengurus administrasi untuk pernikahan anak saya. Dalam hitungan jam, semuanya selesai tanpa harus menunggu berhari-hari,” ungkap Hidayat yang juga merupakan Ketua Perlindungan Konsumen.
Hidayat juga menambahkan, “Kinerja seperti ini patut dicontoh. Saya memberikan nilai plus untuk Kepling XX.”
Mayoritas warga Lingkungan XX merasa puas dengan kinerja Kepling Rico Syahputra, yang dianggap mampu memberikan pelayanan publik yang lebih baik.
Hal ini juga sejalan dengan program Pemerintah Kota Medan untuk meningkatkan pelayanan publik yang terintegrasi, sebagai bagian dari upaya mewujudkan good governance. (Bustami)